F

Cara Membuat Jarvis AI dengan Java di Android (Part 1)

Kecerdasan Buatan

Hai Gaes pada artikel ini kita akan mengulas cara membuat Jarvis Artificial Inteligence atau disingkat dengan AI. Saat ini sudah banyak bermunculan AI versi beta dengan menampilkan hasil yang lumayan baik.Perlu diketahui bahwa AI berbeda dengan hasil yang ditampilkan penelusuran Google.

AI adalah kecerdasan buatam yang sengaja dibuat dengan menganalisis dan menampilkan sebuah hasil yang singkat, padat namun jelas. Istrinya sedikit komplain dengan hasil yang ditampilkan AI, karena pada pertanyaan kedua, darimana AI tersebut memperoleh sumber?

Untuk kalangan akademisi, sangat penting untuk menyertakan sumber baik untuk Jurnal, Penilitian, Tesis maupun Disertasi haruslah menampilkan link sumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pada Blog Bintang Biner ini kita akan ulas secara lengkap konsep dan pemograman AI, baik dengan Java dan Android Studio yang hasilnya akan kita gunakan untuk andoid, yang akan kita bagi dalam beberapa bagian artikel.

Pengaturan dan Instalasi Android Studio

Pertama lakukan instalasi Andoid Studio pada PC atau laptop yang kamu gunakan,disini akan dijelaskan step by step jadi jangan sampai terlewatkan setiap detail instalasi dan pengaturannya.

Download Andoid Studio

Silahkan download Andoid Studio pada link diatas, pastikan spesifikasi komputermu cukup untuk menjalankannya.RAM 8 Gb, serta koneksi yang bagus karena filenya cukup besar, jikakamu menggunakan windows maka frameword windows yang digunakan adalah 64 bit, spesifikasi ini berlaku juga untuk OS Mac maupun Linux.

Instalasinya cukup mudah, saat kamu download cukup next dan next saja sampai instalasinya selesai, dan butuh waktu beberapa menit hingga prosesnya selesai. Untuk mempercepat kinerja Android Studio disarankan menggunakan Harddisk SSD, namun jika masih menggunakan Hardisk HDD boleh saja,namun perbedaannya akan cukup berbeda dari sisi kecepatan dan pemrosesannya.

Pengaturan dan Instalasi Java

Tahap kedua adalah menginstal Visual Studio Code, kamu bisa dapatkan linknya dibawah ini, atau jika kamu sudah menginstalnya cukup abaikan saja.

Download Visual Studio Code

Visual studio code tersedia untuk berbagai OS,baik Windows, Mac maupun Linux dengan framework 64 bit, tidak dibutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya. Setelah proses instalasi selesai kita akan download ekstensi yang kita butuhkan dari Visual Studio Code.

Setelah proses instalasi selesai kita perlu mengintsal Java Extention Pack untuk Pemograman Java, buka Visual Sudio Code pada menu samping kiri, klik Extention dan ketik Java maka akan muncul Java Extention Pack.

Instal dan lakukan proses instalasi hingga prosesnya selesai, pastikan semua ekstensi terinstal agar tidak terjadi error pada tahapan selanjutnya.

Membuat Program Pertama

Tahapan ketiga, kita akan membuat program pertama yang akan mengawali kita membuat Program Jarvis AI dengan kecerdasan buatan.

Masih dalam tampilan Visual Studio Code, jika sebelumnya kita berada pada menu Extention maka sekarang kita beralih ke menu Explorer pada sudut kiri atas lalu pilih "New File"

Buat nama program tersebut "Firsprogram.java" lalu tekan enter, jika kamu ingin membuat nama lainya juga tidak masalah.

Hello World!

Untuk menguji apakah semua instalasi berjalan normal, maka kita akan membuat "Hello World!" pertama kita seperti pada gambar dibawah ini.


Ketik kode diatas lalu simpan atau atau Ctrl+S dan jalankan dengan memilih "Run Java" pada sudut kanan atas, jika terdapat error, maka periksa kembali letak error, jangan lanjutkan sebelum tampilan "Hello World" seperti dibawah gambar tampil.

Kita akan lanjutkan ni ke Part 2,silahkan ya tinggalin komen dibawah jika ada pertanyaan dan bagikan artikel ini agar yang juga tau.

Posting Komentar