F

Terminologi Umum Yang Digunakan dalam Kebidanan

Istilah Penting Dalam Kebidanan

Pada Artikel ini kita akan membahas Istilah-istilah penting dalam Kebidanan yang sering digunakan dalam kelas maupun dalam Praktek Kebidanan. Bidan adalah orang terlatih yang membantu wanita saat melahirkan dan juga memberikan perawatan kehamilan untuk ibu hamil, memberikan edukasi tentang kelahiran untuk wanita dan pasangannya dan perawatan untuk ibu dan bayi baru lahir setelah melahirkan. Sebagian besar bidan berspesialisasi dalam persalinan normal tanpa komplikasi dan merujuk wanita dengan masalah kesehatan menjelang kelahiran yang mungkin memerlukan rawat inap selama kelahiran ke dokter kandungan di rumah sakit. 

Kebidanan adalah ilmu kesehatan dan profesi kesehatan yang mempelajari kehamilan, persalinan, dan nifas (termasuk perawatan bayi baru lahir), di samping kesehatan seksual dan reproduksi wanita. Terdapat beberapa Istilah dalam mata pelajaran kebidanan, berikut daftar kata-kata umum yang dijelaskan dalam artikel ini.

GRAVIDA

Istilah gravida berasal dari kata latin, yaitu gravidus. Ini digunakan untuk menggambarkan  menggambarkan seorang wanita yang sedang hamil dengan jumlah total kehamilan yang dikonfirmasi, Terdapat berbagai jenis gravida seperti dijelaskan dibawah ini :

1. Nulligravida

Nulligravida adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wanita yang belum pernah hamil.

2. Primigravida

Primigravida adalah istilah dalam kebidanan untuk menyebut wanita yang hamil pertama kali atau pernah hamil satu kali.

3. Multigravida

Multigravida atau Secundigravida adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wanita yang telah hamil lebih dari satu kali.

 

PARA

Para adalah istilah yang mengacu pada jumlah total kehamilan yang telah dilakukan seorang wanita melewati 20 minggu kehamilan. Jumlah ini termasuk kelahiran hidup dan keguguran setelah 20 minggu, seperti lahir mati. Berikut istilah jenis-jenis Para :

1. Primipara

Primipara adalah istilah yang digunakan untuk seorang wanita yang telah melahirkan satu kali.

2. Multipara

Multipara adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wanita yang telah melahirkan lebih dari satu kali.

3. Nulliparous

Nulliparous adalah istilah untuk menyebut wanita yang belum pernah melahirkan sebelumnya (terlepas dari hasilnya).

4. Grand Multipara

Grand Multipara adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seorang wanita yang telah melahirkan lima atau lebih bayi yang telah mencapai usia kehamilan 24 minggu atau lebih.

5. Great Grand Multipara

Great Grand Multipara adalah istilah untuk menyebut wanita yang telah melahirkan tujuh atau lebih bayi 24 minggu kehamilan.

 

ABORTION

Aborsi adalah pengangkatan jaringan kehamilan dan kehilangan kehamilan karena keluarnya hasil konsepsi (janin, selaput janin, dan plasenta) secara prematur dari rahim karena sebab apa pun. Secara umum, istilah janin dan plasenta digunakan setelah delapan minggu kehamilan. Jaringan kehamilan dan produk konsepsi mengacu pada jaringan yang dihasilkan oleh penyatuan sel telur dan sperma sebelum delapan minggu. Aborsi dapat terjadi secara spontan (disebut keguguran).

1. Miscarriage

Miscarriage atau Keguguran adalah hilangnya kehamilan secara spontan tanpa intervensi medis sebelum minggu ke-20 pertama kehamilan.

2. Induced Abortion

Induced Abortion atau Aborsi yang di Induksi adalah Aborsi yang merupakan hasil dari prosedur medis yang dilakukan oleh dokter resmi atau seseorang di bawah pengawasan dokter resmi oleh lembaga pemerintah untuk dengan sengaja mengakhiri kehamilan yang disebut aborsi induksi.

 

STILLBIRTH

Stillbirth adalah kematian atau kehilangan bayi sebelum atau selama persalinan tanpa tanda-tanda kehidupan yang diketahui telah meninggal setelah 24 minggu kehamilan selesai.

INTRAUTERINE FETAL DEATH (IUFD)

Intrauterine Fetal Death atau Kematian janin (IUFD) mengacu pada bayi tanpa tanda-tanda kehidupan di dalam rahim dan didefinisikan sebagai kematian janin pada atau setelah 24 + 0 minggu kehamilan. 

Inilah istilah-istilah umum dalam Kebidanan yang harus kamu ketahui, sebelumnya Bintangbiner.com sudah menjelaskan tentang istilah-istilah Kebidanan dan Keperawan dan akan menambah artikel kesehatan lainnya baik tentang Teori, Tesis, Desertasi maupun makalah akan dibahas dalam blog ini.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan bagikan link artikel ini agar temanmu juga tau apa yang kamu tau.

Posting Komentar