F

Defenisi dan Istilah dalam Keperawatan dan Kebidanan

Istilah dan Defenisi dalam Keperawatan dan Kebidanan

Istilah-istilah dalam Ilmu Keperawatan dan Kebidanan memiliki banyak kesamaan, jika kamu tertarik dalam bidang medis ada banyak istilah umum yang harus kamu tau, untuk itu dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap dan mendalam. Istilah Keperawatan dan Kebidanan adalah frasa yang digunakan untuk profesional medis disetiap hari kerja mereka untuk berkomunikasi dengan pasien dan profesional medis lainnya. 

Defenisi

Kebidanan adalah ilmu kesehatan dan profesi kesehatan yang mempelajari tentang kehamilan, persalinan, dan nifas (termasuk perawatan bayi baru lahir), di samping kesehatan seksual dan reproduksi wanita sepanjang hidupnya. Selama belajar mata pelajaran kebidanan atau memberikan perawatan kepada ibu hamil, Anda mungkin menemukan beberapa kata penting yang umum.

Keperawatan dapat digambarkan sebagai seni dan ilmu; hati dan pikiran. Pada intinya, terletak penghormatan mendasar terhadap martabat manusia dan intuisi untuk kebutuhan pasien.
Keperawatan, sebagai bagian integral dari sistem perawatan kesehatan, meliputi promosi kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan orang sakit fisik, mental, dan cacat dari segala usia, di semua perawatan kesehatan dan pengaturan komunitas lainnya. 

Berikut daftar kata-kata umum dalam kebidanan dan keperawtan yang dijelaskan dalam artikel ini.

Ad Lib

Ad Lib adalah singkatan dari "At Liberty" dengan arti "Bebas". Perawat terkadang menulis ini dalam catatan keperawatan atau laporan pemulangan untuk menunjukkan bahwa pasien dapat bebas melakukan sesuatu, contohnya, seorang perawat mungkin memberi tahu pasien bahwa mereka boleh makan Ad Lib setelah operasi.

Alert

Perawat dan staf medis menggunakan istilah ini untuk menggambarkan pasien. Pasien yang waspada merespons arahan perawat dan memahami di mana mereka berada dan apa yang mereka lakukan.

Perawat bisa mendapatkan peringatan (Alert) tentang pasien yang telah memenuhi kriteria untuk sesuatu — baik atau buruk.
Pasien sadar akan pemeriksa dan dapat merespon lingkungan di sekitarnya secara mandiri. Pasien juga dapat mengikuti perintah, membuka mata secara spontan, dan melacak objek.

Ambulate

Ambulasi adalah kemampuan untuk berjalan tanpa membutuhkan bantuan apapun. Hal ini paling sering digunakan ketika menggambarkan tujuan pasien setelah operasi atau terapi fisik. Untuk mencapai tujuan ambulasi pasien, mereka mungkin memerlukan bantuan sebelum mereka dapat berjalan sendiri.

Pasien ambulasi dapat berjalan dan bergerak dengan bebas. Ketika perawat menggunakan istilah ini, mereka memberi tahu perawat lain bahwa pasien mungkin tidak memerlukan pemantauan sebanyak pasien yang tidak rawat jalan.

Banana Bag

Banana Bag, juga dikenal sebagai tas reli, adalah tas infus yang diisi dengan mineral, vitamin, dan air.
Banana Bag hanyalah istilah lain yang digunakan secara universal di rumah sakit untuk kantong cairan IV dengan vitamin B kompleks yang ditambahkan.
Banana Bag sering berwarna kuning dan membantu pasien dengan ketidakseimbangan kimia atau kekurangan nutrisi. Perawat menggunakan Banana Bag untuk mengobati dehidrasi dan meningkatkan fungsi otot dan saraf yang sehat.

Bandemia

Perawat menggunakan istilah bandemia untuk menggambarkan situasi di mana terlalu banyak sel darah putih pasien dilepaskan oleh sumsum tulang ke dalam aliran darah. Ini biasanya berarti pasien sedang melawan infeksi atau peradangan. Perawat menemukan bandemia melalui hasil lab yang tidak biasa.
Pengukuran bandemia dapat membantu dokter Anda memutuskan cara mendekati penyakit tertentu.

Code Brown

Code brown adalah istilah yang digunakan perawat untuk keadaan darurat yang melibatkan inkontinensia. Code Brown adalah peringatan darurat yang dirancang untuk memberikan bantuan segera ke rumah sakit.

Frequent flyer

]Frequent flyer adalah pasien yang sering mengunjungi rumah sakit atau klinik atau seseorang yang datang ke Instalasi Gawat Darurat secara teratur untuk keluhan non-emergen, terutama yang berkaitan dengan nyeri kronis.
Perawat menggunakan istilah ini untuk menggambarkan pasien sehingga rekan kerja mereka dapat menyesuaikan praktik mereka saat merawat pasien.Perawat memberikan perhatian khusus untuk membantu pasien mengelola gejalanya sehingga mereka dapat membatasi kunjungan mereka.

Hat

Hat adalah alat yang pas di dalam toilet untuk mengumpulkan sampel dari pasien. Hal ini memungkinkan perawat untuk memantau pasien dengan cermat dan memberikan sampel untuk dikirim ke laboratorium. Perawat meletakkan Hat di toilet ketika mereka perlu memantau pasien untuk kemungkinan penyakit.

Ileus

Ileus adalah penghentian sementara peristaltik usus. Perawat memperingatkan dokter tentang hal ini dan mencatatnya dalam catatan mereka untuk memastikan bahwa pasien menerima perawatan dan pemantauan tambahan. Ini terjadi paling sering setelah operasi perut, terutama ketika usus telah dimanipulasi.
Ileus dapat menyebabkan potensi penyumbatan, sehingga penting bagi perawat untuk mengenali istilah ini dan gejalanya. Gejalanya adalah mual, muntah, dan rasa tidak nyaman pada perut. Diagnosis didasarkan pada temuan x-ray dan kesan klinis.

In Vitro

In vitro mengacu pada sesuatu dari laboratorium. Perawat menggunakan istilah ini untuk merujuk pada sampel pasien ketika mereka sedang menunggu hasil tes laboratorium. Ini menjelaskan prosedur medis, tes, dan eksperimen yang dilakukan peneliti. Sebuah studi in vitro terjadi di lingkungan yang terkendali, seperti tabung reaksi atau cawan petri.Para profesional menggunakan istilah ini dalam berbagai situasi, tetapi umumnya digunakan di klinik kesuburan dan bangsal neonatal untuk menggambarkan konsepsi bayi yang dikandung dengan bantuan upaya medis IVF.

In Vivo

In vivo adalah kebalikan dari in vitro. In vivo berarti mengacu pada sesuatu di dalam organisme hidup lain. Perawat neonatus dan profesional di klinik kesuburan menggunakan istilah ini untuk menggambarkan bayi yang berkembang di dalam rahim.

Pre-op

Pre-op adalah singkatan dari pra-operasi. Ini mengacu pada intervensi medis, protokol atau peristiwa lain yang terjadi sebelum operasi pasien. Perawat menggunakan istilah ini ketika memberikan instruksi kepada rekan kerja mereka dan menjelaskan protokol kepada pasien dan keluarga mereka. Misalnya, seorang perawat mungkin menyarankan pasien untuk tidak makan sebelum operasi.

Post-op

Post-op adalah singkatan dari post-operasi. Ini mengacu pada semua kejadian medis yang terjadi setelah operasi pasien. Perawat menggunakan istilah ini untuk menjelaskan praktik yang perlu dilakukan pasien setelah operasi.

Sundowning

Perawat menggunakan istilah ini ketika merawat pasien dengan kondisi yang berhubungan dengan memori, seperti demensia. Sundowning mengacu pada waktu hari ketika memori pasien melemah. Sundowning dapat menyebabkan perilaku yang berbeda, seperti kebingungan, kecemasan, agresi atau mengabaikan arah. Selama waktu ini, pasien mungkin juga mulai bertindak dengan cara yang tidak biasa bagi mereka. Karena ini sering terjadi sekitar matahari terbenam, perawat dan profesional medis menggunakan istilah matahari terbenam untuk menggambarkan perubahan perilaku pasien.

Tachy

Tachy adalah singkatan dari tachycardia. Ini adalah kondisi di mana jantung pasien berdetak tidak teratur dengan cepat, biasanya didefinisikan dengan denyut jantung  dengan lebih dari 100 denyut per menit. Perawat mempersingkat istilah medis ini untuk menghemat waktu sambil tetap jelas tentang kondisi pasien. Sebagai contoh, jika seorang pasien mengalami serangan panik, seorang perawat dapat memberitahu rekan-rekan mereka bahwa pasien tachy untuk memberitahu mereka bahwa pasien membutuhkan perhatian segera.

Total

Perawat menggunakan istilah "total" untuk menggambarkan pasien yang membutuhkan perawatan ekstensif. Ini dapat mencakup pasien yang membutuhkan infus, bantuan makan dan intervensi medis lainnya. Istilah ini membantu mengkomunikasikan tingkat perawatan yang dibutuhkan pasien kepada profesional medis lainnya, yang membantu mereka memahami tanggung jawab mereka terhadap pasien.

Walkie-Talkie

Walkie-talkie adalah pasien yang membutuhkan perawatan samping tempat tidur minimal. Pasien-pasien ini dapat berkomunikasi, makan sendiri dan berjalan tanpa bantuan. Seringkali, pasien walkie-talkie mendekati akhir rawat inap. Perawat mengomunikasikan hal ini satu sama lain sehingga perawat yang mengambil alih shift berikutnya tahu untuk mempersiapkan protokol pemulangan.

Waste

Ketika perawat memberikan narkotika dan obat lain, dosis yang dibutuhkan pasien terkadang tidak sesuai dengan jumlah total zat. Karena protokol keamanan, profesional medis tidak dapat menggunakan jumlah sisa ini untuk pasien lain, jadi perawat membuang sisa obatnya. Perawat menyebutnya "Waste/limbah." 

Inilah istilah-istilah dalam Keperawatan dan Kebidanan beserta defenisinya. Banyak istilah medis lainnya yang akan kami jelaskan di blog www.bintangbiner.com ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan bagikan artikel ini pada yang lain agar mereka juga tau apa yang kamu tau.

Download istilah-istilah Keperawatan dan Kebidanan ini dalam format PDF pada link dibawah ini.

Posting Komentar